Langsung ke konten utama

Forkopimcam Bumi Agung Dukung Berdirinya Bank Sampah Mulyo Asri

Bumi Agung, Selasa 16/05/2017, UPTD Puskesmas Dono Mulyo memprakarsai acara Edukasi Peduli Sampah dan menjalin Komitmen Pengelolaan Sampah Berbasis PArtisipasi Masyarakat.  Acara yang dilaksanakan di Balai Desa Mulyo Asri KEcamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur ini dihadiri oleh Forkopimcam Bumi Agung, Jajaran Pemerintah, Organisasi dan Lembaga Desa Mulyo Asri, Tokoh Masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Desa Mulyo Asri.

Yuli Widiarti, A.Md. Keb  (Ketua Pokja UKM di UPTD Puskesmas Dono Mulyo) selaku pemandu acara membuka dengan sebuah pernyataan " Persoalan Sampah seolah olah tak ada hentinya untuk di bahas. Hal ini sebetulnya selaras dengan kehidupan seluruh manusia yang telah menciptakan Sampah. Sesaat sebelum menjadi sampah, mereka adalah benda-benda yang sangat kita butuhkan. Namun Istilah Peribahasa -Habis Manis Sepah dibuang- rupanya berlaku setiap  saat pada benda yang bernama Sampah" ,

Dalam sambutannya, Suyitno selaku Kepala Desa Mulyo Asri mengajak seluruh warga untuk peduli sampah. Ia juga mohon dukungan tokoh masyarakat agar bekerja sama dalam mewujudkan kebersihan desa dan pengelolaan sampah yang akan dilakukan oleh Bank Sampah Mulyo Asri. Menurutnya, yang berkaitan langsung mengenai sampah adalah kita semua maka sudah sepaturnya yang hadir bisa menanamkan kepada warga agar jangan membuang sampah sembarangan.

Suyitno memastikan bahwa sampah rumah tangga yang telah dipisahkan nantinya akan diambil dan dikelola oleh pengurua Bank Sampah Mulyo Asri yang bekerjasama dengan KPS Lampung.

Haryanto mewakilki Polsek Bumi Agung menyampaikan bahwa ide pendirian Bank Sampah Mulyo Asri ini bagus sekali. Dan ini kesempatan bagi kita untuk menjadi percontohan bagi desa dan wilayah lain. Ia mencontohkan Setiap ada acara di tempat umum pasti meninggalkan sampah akibat kurangnya pedulian terhadap sampah. Lebih lanjut Haryanto mengingatkan agar pengelolaan sampah membutuhkan aturan yang jelas di tingkat kelompok sekaligus di tingkat masyarakat.

A. Saring mewakili Koramil 411-10/Sukadana menyambut baik inisiatif Desa Mulyo Asri mendirikan Bank Sampah. Nanti ada beberapa macam sampah yang akan dikelola melalui Bank Sampah.

Sri selaku wakil Tim Penggerak PKK Kecamatan Bumi Agung menyatakan dukunganya  dengan adanya gerakan Bank Sampah di Desa Mulyo Asri. Menurutnya gerakan ini karena sangat bermanfaat. Ia berpesan agar  TP PKK Desa Mulyo Asri mendukung  dan berpartisipasi dalam gerakan ini.

Refki Ansori, Amd.Kep selaku Kepala UPTD Puskemas Dono Mulyo menyatakan bahwa pertemuan ini adalah bagian penting dari komitmen Puskesmas Dono Mulyo dalam mendukung terciptanya lingkungan desa yang bersih dan sehat. Keberadaan Bank Sampah Desa Mulyo Asri merupakan wujud nyata dari kepedulian masyarakat desa dalam pengelolaan sampah.

Mengawali sesi Edukasi Peduli Sampah, Dadang Suryana (Sekretaris KPS Lampung) mengajak peserta untuk mengenal filosofi sampah dan pengelolaanya. Dadang menjabarkan sisi penting dalam menanggulangi sampah adalah adanya pengelolaan. Karena Sampah akan memiliki nilai jika dikelola. jika dibiarkan, selamanya sampah akan menjadi masalah bagi seluruh warga.

Sedangkan Suyatno SP. selakuk Pendiri dan Ketua KPS Lampung menjelaskan bagaimana memulai Bank Sampah berbasis partisipasi masyarakat. ada beberapa hal penting yang perlu di siapkan jika sebuah desa akan mendirikan Unit Pengelolaan Sampah (Bank Sampah).

Pada akhir rangkaian Acara Edukasi Peduli Sampah, Suyatno mengajak semua unsur yang hadir untuk mebubuhkan tanda tangan di Lembar Komitmen Peduli Sampah. Bagi unsur pemerintahan tujuan lembar komitmen ini adalah sebagai pengikat dukungan secara moral dan kebijakan agar masyarakat memiliki spirit untuk melakukan pengelolaan sampah sederhana dari dalam rumah tangganya. Sedangkan bagi warga masyarakat, lembar komitmen ini berfungsi untuk memacu tumbuhnya kesadaran untuk melakukan pengelolaan sampah sehingga wilayah desa akan bersih dari sampah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Sukadana Lampung Timur

Limbah Karung Plastik

Limbah Karung Plastik kemasan pupuk, pakan ternak, beras, tepung dan  lain lain, memiliki potensi nilai ekonomi karena bisa didaur ulang. Karung bekas kemasan ini berasal dari rumah tangga, badan usaha, peternakan dan pasar dalam berbagai kondisi memiliki nilai ekonomi sehingga bisa mengurangi aktifitas pembuangan sampah ini ke lingkungan.

Donasi Sampah Untuk 1000 Seragam Sekolah

Terbuka Kesempatan Menjadi Relawan "Gerakan Sosial Donasi Sampah Untuk 1000 Steel Seragam Sekolah" Tahap 1 Mari Berbuat Baik Dengan Sampah...Hanya Dengan Sampah.. Buktikan Bahwa Sampah Anda bisa bermanfaat Bagi Sesama. Relawan Gerakan Sosial ini terbuka bagi perorangan, organisasi/komunitas/Club/Kelompok. Gerakan Sosial ini Hanya Menerima Sampah Anorganik,  TIDAK MELAYANI SUMBANGAN Berupa Baju Seragam Sekolah dan atau Dana Yang Bertujuan Untuk Membuat Baju Seragam Sekolah. Gerakan Soaial ini dibentuk sebagai upaya meluaskan Gerakan Warga Peduli Sampah (WPS), Sekolah Peduli Sampah (SPS) Perkantoroan Peduli Sampah (PkPS)  Pasar Peduli Sampah (PPS). Perolehan Donasi Sampah akan dikelola oleh KPS Lampung  dan Mitra Kerja, dihitung secara Transparan dengan menganut asas pemberdayaan Warga Desa. Hasil penjualan Sampah akan digunakan untuk membuat 1.000 stel seragam sekolah, melibatkan 53 penjahit yang merupakan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Tata Busana. Baju Seraga