Langsung ke konten utama

Ratusan orang lakukan Aksi Peduli Sampah 7517


Seputih Banyak (7/5/2017),  Ratusan orang melaksanakan Kegiatan Aksi Peduli Sampah.  Acara yang di inisiasi oleh Komunitas Masyarakat Peduli Sampah (KMPS) Lampung Tengah bersama Pengurus Bank Sampah Makmur Sentosa Kampung Tanjung Harapan Kecamatan Seputih Banyak Lampung Tengah.

Aksi ini diikuti berbagai kalangan.  Jajaran Pemerintah dan BPK Kampung Tanjung Harapan, UPTD Pasar Seputih Banyak, KMPTB Lampung, Club RX King, Sebat, Kicau
 Mania, Osis SMA Negeri Seputih Banyak. Acara dihadiri juga oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Lampung Tengah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Seputih Banyak.

Aksi Peduli Sampah ini bertujuan untuk membersihkan lingkungan pasar Seputih Banyak, sekaligus melakukan Edukasi Peduli Sampah kepada pedagang dan warga masyarakat yang berkunjung ke pasar.

Dalam bincang-bincang, Genta Kepala Dinas Lingkungan Hidup menyampaikan luar biasa. Kegiatan ini Bisa menjadi contoh bagi Kecamatan lain. Kegiatan ini mquncul dari masyarakat maka bisa langgeng.

Jasmani Ketua KMPS Tengah Tengah mengampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah sama sama melakukan aksi peduli.

Menurut Jasmani , KMPS Lampung Tengah menargetkan tahun ini bisa mendorong pendirian 100 bank  sampah. Ini bentuk kepedulian dari Komunitas terhadap persoalan sampah di Lampung Tengah.

Soirin Kepala Kampung Tanjung Harapan mengemukakan Harapan agar Kampung nya bisa menjadi contoh bagi kampung lainnya dalam kepedulian sampah.

Tokoh Agama Ustad  Ibis
mudah mudahan lahan ini bisa digunakan oleh masyarakat.

Ketua Badan Perwakilan Kampung sangat apresiasi Harapan gerakan ini bisa meluas ke Lampung lainnya.

dr. Benny Ketua Komunitas Masyarakat Peduli Tuberkulosis (KMPTB) Lampung menyampaikan  bahwa Ini gerakan swadaya. Dengan  anggaran seadanya kegiatan ini dilaksanakan.
Kegiatan ini sehatusnya dilakukan minimal satu tahun sekali. Ada banyak gagasan dan ide yang bisa dikembangkan dengan kegiatan ini antara lain supermarket  di bayar sampah.

Komunitas Sebat terimakasih sudah dilibatkan. Kegiatan ini bisa Menjaga kerukunan antar warga masyarakat.

Edy Saptono SMA N 1 Seputih Banyak menyanpaikan komitmen mendukung Kegiatan kepedulian sampah siap membackup kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini positip sekali.

Muji  Dinas Pasar mudah mudahan kegiatan berjalan terus. Terutama masyarakat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Sukadana Lampung Timur

Donasi Sampah Untuk 1000 Seragam Sekolah

Terbuka Kesempatan Menjadi Relawan "Gerakan Sosial Donasi Sampah Untuk 1000 Steel Seragam Sekolah" Tahap 1 Mari Berbuat Baik Dengan Sampah...Hanya Dengan Sampah.. Buktikan Bahwa Sampah Anda bisa bermanfaat Bagi Sesama. Relawan Gerakan Sosial ini terbuka bagi perorangan, organisasi/komunitas/Club/Kelompok. Gerakan Sosial ini Hanya Menerima Sampah Anorganik,  TIDAK MELAYANI SUMBANGAN Berupa Baju Seragam Sekolah dan atau Dana Yang Bertujuan Untuk Membuat Baju Seragam Sekolah. Gerakan Soaial ini dibentuk sebagai upaya meluaskan Gerakan Warga Peduli Sampah (WPS), Sekolah Peduli Sampah (SPS) Perkantoroan Peduli Sampah (PkPS)  Pasar Peduli Sampah (PPS). Perolehan Donasi Sampah akan dikelola oleh KPS Lampung  dan Mitra Kerja, dihitung secara Transparan dengan menganut asas pemberdayaan Warga Desa. Hasil penjualan Sampah akan digunakan untuk membuat 1.000 stel seragam sekolah, melibatkan 53 penjahit yang merupakan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Tata Busana. Baju Seraga

Limbah Karung Plastik

Limbah Karung Plastik kemasan pupuk, pakan ternak, beras, tepung dan  lain lain, memiliki potensi nilai ekonomi karena bisa didaur ulang. Karung bekas kemasan ini berasal dari rumah tangga, badan usaha, peternakan dan pasar dalam berbagai kondisi memiliki nilai ekonomi sehingga bisa mengurangi aktifitas pembuangan sampah ini ke lingkungan.