Langsung ke konten utama

Edukasi Peduli Sampah : Nilai dan Manfaat Sampah Plastik

Setiap aktifitas kita sehari hari selalu menghasilkan sampah. Terutama  plastik. Jika hanya dibuang atau dibakar adakah hasilnya? dan untuk siapa hasilnya?



Kebiasaan Membuang dan membakar Sampah plastik justru menghasilkan dampak buruk bagi lingkungan (tanah, air dan mahluk hidup) baik saat sekarang atau masa depan.
Dengan menggeser sedikit saja kebiasaan membuang/membakar ke meletakkan pada tempatnya dan menabung atau mendonasikan sampah, kita sudah berbuat baik pada lingkungan.
Tidak harus melihat berapa nilai uang yang bakal didapat dari menabung sampah. atau nilai manfaat jika kita mendonasikan sampah. paling tidak kita bisa menjadi manusia yang bertanggung jawab.
Karena Manusia adalah "pencipta" sampah, maka sudah seharusnya manusianya yang bertanggung jawab mengelolanya.
Edukasi Peduli Sampah tidak hanya bicara soal kepedulian. Tetapi soal nilai dan manfaat jika pengelolaan Sampah dimulai dari sumbernya (Rumah tangga, Tempat usaha dan fasilitas umum) sebagi "pabrik~pabrik" penghasil sampah utama.
Adalah tugas bersama untuk menghidupkan sistem pengelolaan Sampah (pengumpulan dan pengelolaan lanjutan) disetiap lingkungan.
Salam Peduli.
#kpsampung
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=929704950540088&id=349547451889177

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Sukadana Lampung Timur

Limbah Karung Plastik

Limbah Karung Plastik kemasan pupuk, pakan ternak, beras, tepung dan  lain lain, memiliki potensi nilai ekonomi karena bisa didaur ulang. Karung bekas kemasan ini berasal dari rumah tangga, badan usaha, peternakan dan pasar dalam berbagai kondisi memiliki nilai ekonomi sehingga bisa mengurangi aktifitas pembuangan sampah ini ke lingkungan.

Aksi Peduli di Acara Pelepasan Jamaah Haji Kabupaten Lampung Timur 2014

Musim haji tahun 2014  telah tiba. Jamaah calon haji Kabupaten Lampung Timur yang berjumlah 450 orang jari ini(Minggu 14 September 2014) secara resmi dilepas oleh Bupati Lampung Timur di aula Islamic Center Sukadana. Acara pelepasan jamaah calon haji ini dihadiri ribuan pengantar yang terdiri dari tetangga, kerabat dan keluarha jamaah calon haji. Tak pelak  kerumunan warga masyarakat yang memadati area islamic center ini meninggalkan beragam jenis sampah pada hampir seluruh area islamic center. Atas dasar kondisi inilah Komunitas Peduli Sampah (KPS) Lampung melakukan aksi peduli sampah. Aksi yang melibatkan 10 anggota dan pengurus KPS Lampung ini dimulai dengan membagi kartu nama KPS Lampung kepada para pengantar jamaah calon haji yang berada di luar aula. Kemudian kader KPS juga mengajak para pengantar untuk membuang sampah pada tempat yang disediakan.