Langsung ke konten utama

Mencari Solusi Sampah di Indonesia

Kalimat "Mencari Solusi Sampah di Indoensia" sepertinya terlalu tinggi dan serasa sedang berada di awang awang ketika mengucapkannya.  Seorang warga desa,  seperti saya saat ini baru berani berfikir bagaimana mencari "solusi Sampah di Dusun".

Hanya itu?.
Ya karena kita semua perlu mengingat bahwa sampah adalah produk ikutan setiap aktifitas manusia, maka sampah pasti ada dimana-nama (diseluruh permukaan bumi yang ada aktifitas Manusia. Tidak Peduli di Kota atau di desa terpencil.

Yang membedakan dikedua tempat  volume dan potensi dampak yang ditimbulkan oleh sampah. Gak ini bergantung pada jumlah/populasi penduduk  dan sistem pengelolaan.

KPS Lampung mencoba menginisiasi pengelolaan sampah tingkat dusun dan desa. Sebuah langkah untuk memunculkan data bahwa di wilayah perdesaan yang selama ini terlihat nyaman dan indah, kedepan juga akan menjadi wilayah yang bermasalah dengan sampah.

Sebelum itu semua terjadi, perlu ada upaya unrtuk  mengajak warga dusun untuk melakukan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Sukadana Lampung Timur

Donasi Sampah Untuk 1000 Seragam Sekolah

Terbuka Kesempatan Menjadi Relawan "Gerakan Sosial Donasi Sampah Untuk 1000 Steel Seragam Sekolah" Tahap 1 Mari Berbuat Baik Dengan Sampah...Hanya Dengan Sampah.. Buktikan Bahwa Sampah Anda bisa bermanfaat Bagi Sesama. Relawan Gerakan Sosial ini terbuka bagi perorangan, organisasi/komunitas/Club/Kelompok. Gerakan Sosial ini Hanya Menerima Sampah Anorganik,  TIDAK MELAYANI SUMBANGAN Berupa Baju Seragam Sekolah dan atau Dana Yang Bertujuan Untuk Membuat Baju Seragam Sekolah. Gerakan Soaial ini dibentuk sebagai upaya meluaskan Gerakan Warga Peduli Sampah (WPS), Sekolah Peduli Sampah (SPS) Perkantoroan Peduli Sampah (PkPS)  Pasar Peduli Sampah (PPS). Perolehan Donasi Sampah akan dikelola oleh KPS Lampung  dan Mitra Kerja, dihitung secara Transparan dengan menganut asas pemberdayaan Warga Desa. Hasil penjualan Sampah akan digunakan untuk membuat 1.000 stel seragam sekolah, melibatkan 53 penjahit yang merupakan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Tata Busana. Baju Seraga

Limbah Karung Plastik

Limbah Karung Plastik kemasan pupuk, pakan ternak, beras, tepung dan  lain lain, memiliki potensi nilai ekonomi karena bisa didaur ulang. Karung bekas kemasan ini berasal dari rumah tangga, badan usaha, peternakan dan pasar dalam berbagai kondisi memiliki nilai ekonomi sehingga bisa mengurangi aktifitas pembuangan sampah ini ke lingkungan.